Pengenalan Pemograman Delphi


Delphi, mungkin anda asing dengan kata ini, atau pernah dengar namun tak tahu apa itu, atau bahkan tahu tapi tak paham apa itu. Namun, termasuk golongan apapun anda, jika anda tertarik membaca postingan ini, berarti
setidaknya anda ingin sedikit mengenal Delphi dalam. Delphi adalah salah satu sotware bahasa pemograman.  Seperti dengan bahasa pemogaman lain, dhelpi juga terdiri dari syntak-syntak. Namun kali ini saya hanya akan memperkenalkan saja apa itu delphi. Masalah syntak mungkin nanti jika ada kesempatan dan pengetahuan.

Perintah-perintah dasar Delphi
·         F9                           : Berfungsi untuk melakukan Proses RUN ( menjalankan program )
·         F12                        : Berfungsi untuk berpindah dari tampilan form ke code editor, atau sebaliknya
·         Ctrl+F11               : berfungsi untuk membuka file project (*.dpr)
·         Alt+F+A               : berfungsi untuk menimpan nama file unit yang baru
·         Alt+F+E                                : berfungsi untuk menyimpan nama file project (*.dpr) dengan nama berbeda

Menu bar
Menu bar pada Delphi memiliki kegunaan sama seperi menu bar pada aplikasi lainnya. Dari menu, anda dapat memanggil atau menyimpan program, menjalankan dan melacak bug program. Segala sesuatu yang berhubungan dengan IDE Delphi, dapat anda lakukan dari menu.

Speed bar
Speed bar atau toolbar, berisi kumpulan tombol yang tidak lain adalah pengganti beberapa item menu yang sering di gunakan. Dengan kata lain, setuiap tombol pada speed bar salah satu item menu.

From design
From design merupakan tempat dimana anda dapat merancang program yang anda buat. Perancangan dilakukan dengan meletakan komponen-komponen yang ada.

Code editor
Merupakan tempat anda menuliskan program. Anda dapat meletakan pernyataan-pernyataan dalam bahasa pascal. Yang perlu diperhatikan adalah anda tidak perlu menuliskan seluruh kode sumber. Delphi  telah menuliskan semacam kerangka untuk anda.

Object Inspector
Digunakan untuk mengubah karakteristik sebuah komponen. Pada Obect Inspector, ada dua tab, properties dan events. Anda dapat mengaktifkan salah satu tab dengan mengklik teks salah salah satu tab tersebut.

ü  Tab Properties .
Pada tab ini komponen anda dapat mengubah properti komponen anda. Bisa dibilang properti sebagai data yang menentukan karakteristik komponen.
ü  Tab Events.
Anda dapat menyisipkan kode untuk menangani kejadian tertentu. Kejadian bisa dibangkitkan karena beberapa hal. Seperti pengklikkan mouse, penekanan tombol keyboard, atau sebagainya.


Variabel
Dalam dunia pemograman, pasti akan banyak berhubungan dengan  variabel. Bisa dibilang variabel digunakan untuk menyimpan data.

Pendeklarasian variable

Var nama_variabel : Tipe_data;

Contoh :
I : Integer;
K:Real;
D:String;

Bisa juga mendeklarasikan beberapa variabel bertipe sama hanya dengan menuliskan tipe datanya satu kali.

Contoh:
A,b,c : Integer;
X,y,z : Real;


Tipe Data

Tipe Bilangan Bulat

Tipe Data
Jangkauan
Shortint
-128..127
Smallint
-32768..32767
Longint
-2147483648..2147483647
Byte
0..255
Word
0..65535
Integer (Delphi  1)
-32768..32767
Cardinal (Delphi 1)
0..65535
Integer (Delphi  2,3,4,5)
-2147483648..2147483647
Cardinal (Delphi 2,3,4,5)
0..2147483647