PENGENALAN SQL SERVER 2000



MS SQL Server adalah salah satu produk Relational Database Management System (RDBMS) populer saat ini. Fungsi utamanya adalah sebagai database server yang mengatur semua proses penyimpanan data dantransaksi suatu aplikasi. Popularitas SQL Server akhir-akhir ini mulai menanjak dan setara dengan pesaing terdekatnya yaitu Oracle 9i dan Oracle 10g.
Saat ini versi terbaru adalah SQL Server 2000, sedangkan SQL Server 2005 masih dalam tahap Beta version. Versi 2000 memiliki feature-feature lengkap untuk membangun aplikasi mulai skala kecil sampai dengan tingkat enterprise.
SQL Server 2000 memiliki beberapa versi antara lain :
• SQL Server Personal Edition
• SQL Server Developer Edition
• SQL Server Enterprise Edition
• SQL Server Standard Edition
• SQL Server Desktop Engine
• SQL Server for Windows CE Edition
Masing masing versi memiliki perbedaan dalam hal maksimum ukuran database, RAM, jumlah koneksi, serta berbagai feature lanjutan. Versi Personal, Developer, dan Desktop dapat diinstall di OS Desktop seperti Windows 2000 Professioanal dan Xp, sedangkan versi Enterprise dan Standard hanya dapat diinstal di Windows 2000/2003 Server serta NT Server. Versi Windows CE biasa digunakan untuk PDA dan Pocket PC.

1. DATABASE
Database dalam dunia computer dikategorikan sangat special karena selalu menjadi hal yang utama dalam perancangan system computer suatu perusahaan. Alasan-alasan penggunaan database pada perusahaan antara lain ;
Database tidak hanya berisi data tetapi juga berisi rencana atau model data.
Database dapat menjadi sumber utama yang digunakan secara bersama-sama oleh berbagai pemakai dalam perusahaan sesuai dengan kebutuhan.

Struktur database dalam SQL Server 2000 antara lain
Data
o File primer

File primer berisi informasi utama database dan data. File ini senantiasa berkembang sesuai dengan penyimpanan table dan objek database lainnya. Pada SQL Server 2000 data-data utama file ini akan disimpan dengan ekstensi *.mdf.
o File sekunder

File ini akan berisi data yang tidak dapat dimasukkan ke dalam file primer. File sekunder tidak akan diperlukan jika seluruh data mampu ditampung oleh file primer. File sekunder ini berekstensi *.ndf.
Log

Log adalah file yang berisi catatan transaksi atau perintah-perintah yang digunakan untuk manipulasi data yang disimpan dengna file yang berekstensi *.ldf.

a. CREATE DATABASE
i. Melalui Enterprise Manager
SQL Server 2000 dan yang terbaru SQL Server 2005 menyediakan fasilitas wizard yang akan menuntun kita dalam membuat database. Langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat database dengan fasilitas ini adalah sebagai berikut :
Aktifkan Enterprise manager dan pada jendela Console Root, klik tanda [+] disebelah kiri Microsoft SQL Servers.
Klik tanda [+] pada server local yang disini digunakan .(windowsNT).
Klik kanan pada tanda [+] pada folder databases, lalu pilih new database
Setelah itu pada layar baru ketikkan nama database yang akan kita buat, sebagai contoh kita menggunakan nama database adalah : coba_sql.
Setelah itu tekan tombol ok


b. ALTER DATABASE
Perintah Alter Database digunakan untuk merubah parameter-parameter yang telah dibuat menjadi data-data yang baru. Secara mudah dapat dilakukan melalui Query Analyzer dengan mengetikkan perintah seperti berikut :
Create database coba_sql
On primary (
Name = coba_sql,
Filename = “c:\bahasa sql\coba_sql.mdf”,
Size = 10 mb,
Maxsize = 15 mb,
Filegrowth = 2 mb
)
Go alter database coba_sql
Add file
(
Name = coba_sql,
Filename = “c:\bahasa sql\coba_sql.mdf”,
Size = 20 mb,
Maxsize = 35 mb,
Filegrowth = 2 mb
)

c. DROP DATABASE
Perintah Drop database digunakan untuk menghapus database yang telah dibuat. Adapun dapat dengan mudah dilakukan melalui Query Analyzer dengan mengetikkan baris perintah seperti berikut :
Drop database coba_sql